Cara Instal Windows 7

Apabila anda masih linglung mengenai metode instal windows 7, maka panduan ini tepat untuk anda. Kita bisa mengerjakan instal windows 7 dengan usb flashdisk, hardisk, atau cd.

Untuk seluruh versi Windows 7 bagus itu Windows 7 ultimate maupun versi lainya metode instal nya sama. Kami melengkapi gambar pada tiap cara kerjanya supaya anda lebih gampang memahami.

Bagi sebagian besar orang proses instalasi windows cukup susah dilaksanakan. Akan namun sesungguhnya hal itu cukup gampang. Kita tidak perlu membawa komputer atau laptop kita ke kios komputer dan membayar jasa.

Windows 7 yaitu sebuah metode operasi dari Windows yang sampai kini masih sangat banyak dipakai. Karena User Interface nya yang nyaman.

Untuk menginstalnya kita cuma perlu mencontoh instruksi-instruksi yang muncul dikala mengerjakan instalasi.

Apabila anda mau install windows 7 tanpa cd. Karenanya bisa mengaplikasikan flashdisk yang telah terlebih dulu diciptakan perangkat untuk instalasi mengaplikasikan software rufus.
Sistem penginstalanya pun sama, cuma berbeda pada komponen setting primary boot saja. Tidak perlu lama-lama lagi. Kini saatnya kita masuk ke komponen metode instal Windows 7 di laptop.

Cara Instal Windows 7

1. Setting Primary Boot

Langkah pertama yaitu mengatur Primary Boot via bios.

Cara instal windows 7 dengan cd:

1.  Hubungkan Flashdisk / CD Master ke Apabila

Apabila kita akan mengerjakan instalasi mengaplikasikan flashdisk maka terlebih dulu kita hubungkan flashdisk tersebut dengan komputer kita.

Karena jikalau kita mengaplikasikan CD kita bisa memasukkan CD instalasi tersebut sesudah mengerjakan setting. Karena kita tidak akan bisa memasukkan CD tersebut disaat komputer dalam situasi mati.

2. Masuk Menu BIOS
Tetapi itu nyalakan komputer atau laptop kita lalu masuk ke menu bios. Dengan metode menekan secara terus menerus tombol F2. Karena tombol tersebut berbeda-beda tergantung pada motherboard yang dipakai pada komputer kita.

Sesudah juga dengan menekan tombol Esc, F10, F1, dan juga Del.

Pada sebagian merk laptop kecuali menekan tombol-tombol tersebut. Kita juga mesti menekan tombol fn secara bersamaan dengan tombol F1, F2, F10, F12, Esc, maupun Del.

Salah satu figur merk laptop yang mewajibkan mengaplikasikan fn yaitu lenovo.

3. Atur Primary Boot
Tetapi kita sukses masuk ke menu bios. Kini atur Primary Boot pada tab Boot. Caranya yaitu geser posisi menu pada tab Boot mengaplikasikan arah. Tetapi itu rubah Boot pertama atau yang paling atas menjadi CD-ROM jikalau kita mengerjakan proses instalasi mengaplikasikan CD.

Atau USB Flashdisk jikalau kita mengerjakan instalasi mengaplikasikan Flashdisk. Kini ini berfungsi supaya disaat komputer tersebut dihidupkan Boot pertama yang dibaca yaitu CD atau Flashdisk. Tekan tombol sampai master berada di urutan teratas. Seperti ini:
Sebagai catatan tampilan menu bios juga berbeda-beda tergantung dengan motherboard.

4. Restart Apabila
Kerja CD instalasi Windows terlebih dulu. Kemudian sesudah primary boot kita ubah. Kini simpan penguasaan tersebut dengan metode pilih Exit Saving Changes pada tab menu Exit. Atau tekan tombol F10. Karenanya secara otomatis komputer akan mengerjakan restart.

5. Masuk Karenanya Instalasi
Tetapi komputer mengerjakan restart. Karenanya disaat proses booting akan muncul sebuah tulisan Press any ket to boot from CD or DVD.

Tekan apa saja pada keyboard komputer untuk masuk ke proses instalasi. Sebagai figur tekan saja Enter.

Karenanya akan muncul tampilan Windows is loading files yang menggambarkan bahwa kita akan segera masuk ke proses instalasi. Tunggu sampai loading tersebut selesai.

Baca juga Cara install windows 10 dengan flashdisk

2. Instal Windows 7

1. Atur Bahasa dan Waktu
Tetapi loading file selesai maka akan muncul jendela instalasi Windows 7.

Tentukan bahasa yang akan kita pakai. Pilih saja English. Berikutnya klik Next.

2. Install now untuk memulai prosess instal windows 7
Disini kita akan memulai proses instalasi. Klik tombol Instal Now untuk memulainya.

3. Konfirmasi Lisensi

Langkah berikutnya yaitu konfirmasi persetujuan dengan metode klik pada I accept the license term. Sesudah muncul tanda centang pada kotak di sebelah kiri tulisan tersebut. Berikutnya klik saja tombol Next.

4. Pilih Custom advanced

Tetapi itu akan muncul dua pilihan instalasi. Pilih pilihan kedia yaitu Custom advanced.

Lalu akan muncul jendela partisi hardisk. Pada komponen ini silahkan atur partisi pantas keinginan kita. Untuk mengerjakan fresh installation hapus terlebih dulu partisi yang berisi metode operasi lama.

Atau buang Disk 0 Partition 2 (partisi C:) dan Disk 0 Partition 1 : System Reserved.

Disini kita mesti berhati-hati karena jangan sampai kita salah menghapus partisi yang berisi data-data kita.

Dengan mengerjakan instruksi delete maka seluruh file yang ada pada system C akan terahapus. Termasuk juga file yang berada di My Document.

Kemudian buat partisi baru (secara otomotis, partisi tersebut ada dengan nama Disk 0 Partition 2).Lalu jadikan Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi tujuan instalasi windows 7, kemudian Next.
Tetapi proses delete selesai. Kini kita buat partisi baru dengan metode klik Unalocated partisi lalu klik New. Lalu klik OK.

5. Partisi Ruang Hardisk

Kemudian lakukan partisi hardisk. Caranya pilih Drive options (advanced) > New. Kemudian tentukan ukuran partisi/drive tersebut. Lalu klik Apply.

Tetapi sukses membuat partisi baru. Instal Windows pada partisi tersebut. Dengan metode klik terlebih dulu partisi tersebut berikutnya klik Next.

6. Buat system files windows

Klik OK untuk membuat system files windows atau yang awam disebut system reserved partition.

7. Buat 2 Partisi Lain

Buat 2 partisi lagi dengan metode seperti nilai nomor 4 diatas. Apabila ini disesuaikan pantas selera, kebetulan disini dicontohkan 2 partisi saja.

8. Pilih lokasi instalasi windows 7

Tentukan Disk 0 Partition 2 sebagai daerah instalasi windows, lalu klik Next. Anda sesungguhnya bebas menetapkan lokasi instalan windows.

9. Karenanya Instalasi Berlangsung

Disini proses instalasi Windows sedang berlangsung. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Disini kita tidak perlu memencet tombol apa saja. Karena proses instalasi akan berjalan secara otomatis.
Tunggu sampai proses instalasi selesai. Lama atau tidaknya proses tersebut tentunya berdeda-beda di tiap komputer. Kini ini tergantung pada spesifikasi komputer kita.

10. Restart Apabila Proses Sudah Selesai

Apabila proses instalasi telah selesai maka secara otomatis komputer akan mengerjakan restart. Apabila kita mengerjakan proses instalasi mengaplikasikan flashdisk maka flashdisk mesti segera kita cabut disaat komputer sedang mengerjakan restart.

Karena jikalau kita tidak mencabutnya hal tersebut akan terulang kembali. Karena jikalau kita mengerjakan instalasi mengaplikasikan CD maka kita tidak perlu mengeluarkan CD tersebut.
Tetapi komputer hidup kembali maka akan muncul kembali tulisan Press any ket to boot from CD or DVD. Disini jangan menekan tombol apa saja.

Karena jikalau kita menekanya kita akan masuk kembali ke proses instalasi. Karena jikalau kita mengaplikasikan flashdisk maka layar dengan tulisan tersebut tidak akan muncul.

Berikutnya Windows akan menyempurnakan proses instalasi. Biarkan saja proses tersebut dan jangan menekan apa saja. Apabila proses tersebut telah selesai maka dengan sendirinya komputer akan mengerjakan restart.

3. Setup Windows

Sistem instal windows 7 di laptop:

1. Kata Nama User dan Apabila

Tunggu sampai proses restart selesai. Tetapi itu akan muncul jendela Set Up Windows.

Kata nama pengguna pada komputer tersebut pantas dengan keinginan kita. Sesudah mengaplikasikan nama kita atau apa saja. Berikutnya klik Next.
2. Pilih Sesudah

Tetapi itu akan ada pilihan untuk memasukkan password. Disini kita bisa mengisinya maupun tidak tergantung dengan pilihan kita apakah kita mau mengaplikasikan password pada komputer kita atau tidak. Tetapi itu klik Next.
3. Masukkan Product Key

Tetapi itu masukkan Product key Windows 7 tersebut. Berikutnya klik tombol Next. Apabila tidak ada maka biarkan saja, anda bisa mengaplikasikan Windows 7 selama 30 hari.
4. Windows Update

Disini supaya aman kita pilih saja penguasaan anjuran. Klik Use recommended Settings.
5. Atur Waktu

Tetapi itu atur waktu komputer kita. Pastikan mengontrolnya dengan benar. Lalu klik Next.
6. Tentukan Lokasi Jaringan

Kemudian tentukan lokasi jaringan. Klik dan pilih Public Network.
7.  Instal Windows 7 selesai

Disini kita akan masuk ke desktop komputer kita. menggambarkan proses instalasi telah selesai dan komputer kita bisa dipakai.
Itulah metode gampang instal Windows 7 seluruh versi bagus mengaplikasikan CD maupun USB Flashdisk.

Pastikan kita menginstal driver yang dibutuhkan pada komputer kita seperti driver VGA, Audio, dan sebagainya.
Termasuk juga menginstal software pensupport seperti DirectX, Net FrameWork, dan bermacam aplikasi pensupport lain sebelum menginstal aplikasi lain. Selamat mencoba dan semoga sukses!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *