Cara Mengembalikan Data yang Terformat

Cara Mengembalikan Data yang Terformat – Tentu akan terasa sungguh-sungguh membuat dongkol ketika data atu file penting yang Anda miliki tidak sengaja terformat. Dalam kasus ini, tentu Anda sepatutnya berpikir keras untuk bisa mengembalikannya.

Pertanyaannya, bagaimana sistem mengembalikan data yang terformat? Gampang kok, cermati dan praktekkan sistem dibawah ini untuk recovery data Anda yang hilang.

Recovery Data dari Hardisk

Metode mengembalikan data yang terformat menggunakan software bernama EaseUS Data Recovery Wizard Bayaran.

Baca juga Cara Menggunakan Netcut

Secara garis besar, sistem penggunaannya cukup mudah, yaitu Pilih variasi file> Pilih lokasi/Storage> Scan> Recover file. Untuk lebih jelasnya, simak sistem dibawah ini

1. Download Software EaseUS Data Recovery Wizard Free

Cara Mengembalikan Data yang Terformat

Setelah Anda unduh, buka Data Recovery Wizard. Sejatinya, seluruh variasi file bisa Anda handel.

Pilihan menu pada gambar dibawah ini hanyalah sasaran operasi untuk memudahkan Anda dalam recovery data yang hilang.

2. Pilih Lokasi

Terdapat 3 alternatif lokasi, yaitu Hard Disk Drives, Desktop, dan Libraries. Anda juga bisa memanfaatkan Flashdisk sebagai alternatif tambahan lokasi.

sistem mengembalikan data hardisk yang terformat pada windows 7

3. Scan

Selanjutnya tinggal tunggu progres pencarian selesai.

4. Deep Scan

Anda bisa memanfaatkan fitur Deep Scan sesudah progres Scan selesai. Dengan begini, progres pencarian akan dijalankan lebih dalam sampai per sektor hardisk.

Tetapi, prosesnya lebih banyak memakan waktu dibandingkan dengan Quick Scan.

5. Recover

Kalau file sudah ditemukan, cek terutama dulu dengan preview untuk memastikan. Kemudian Recover dengan pilih tombol yang berada pada pojok kanan bawah. Dan jangan lupa, centang file yang hendak Anda pulihkan.

Catatan Penting

  • SSD mempunyai mekanisme berbeda, jika Anda mengaktifkan TRIM, karenanya tiap-tiap file yang terhapus tidak bisa di recovery.
  • Untuk HDD terformat, alangkah lebih baik lepas HDD terutama dulu dan pasang pada komputer lain. Jangan download recovery toll di dalam HDD yang kembar.
  • Usahakan untuk recovery data secepat mungkin sesaat file sudah terformat.
  • Tak seluruh file bisa diselamatkan seperti semula, kemungkinan terdapat file yang rusak.

Recovery Data dari Flashdisk & SD Card

Setelah sebelumnya membahas sistem mengembalikan data yang terformat dari HDD, kami akan mengurai sistem recovery data dari flashdisk/ SD card.

Adapun caranya yaitu:

  • Download Recuva terutama dulu dan install pada perangkat Anda.
  • Kalau sudah, buka Recuva dan pilih Next.
  • Selanjutnya akan muncul tab baru dan pilih variasi data yang hendak di recovery. Untuk mengembalikan seluruh file, pilih All Files.Cara Mengembalikan Data yang Terformat
  • Kemudian pilih lokasi pada data yang hilang. Agar dapat mengembalikan data yang terbuang pada flashdisk atau SD card, klik In a specific location.
  • Lalu pilih Browse dan cari tempat data yang hilang.
  • Setelah itu, pilih lokasi data yang hilang. Selanjutnya klik next dan tunggu sampai progres selesai.
  • Kemudian akan disampaikan tab baru yang menanyakan file mana yang hendak di recovery, lalu pilih tempat untuk mengembalikan file.

Catatan: Untuk SD card, tidak perlu hubungkan hp Android pada PC, cukup pakai card reader. Hal ini bertujuan untuk mempercepat progres pengembalian data.

Demikianlah penjelasan mengenai sistem mengembalikan data yang terformat dari hardisk, flashdisk, dan SD card. Semoga berguna!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *