3 Cara Menghapus Cache Windows

Cara Menghapus Cache Windows – Sebetulnya, tak ada yang salah dengan cache. Cache amat berguna untuk meningkatkan kecepatan berjalannya suatu aplikasi.

Tapi jikalau telah terlalu banyak, cache dapat membuat komputer menjadi lemot. Cache tersebut tersembunyi di bermacam-macam daerah di Windows sehingga perlu dihapus, lalu bagaimana metode menghapus cache windows?

Sebelum masuk ke inti pembahasan, alangkah baiknya berakal.com akan memberikan pengertian cache terutama dahulu.

Simak juga 10+ Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cache yaitu sekumpulan data yang tak permanen, data tersebut diciptakan supaya dapat diakses kembali pada ketika Windows memerlukannya.

Seiring dengan penggunaan,laptop yang anda gunakan kian hari akan kian lemot. Salah satu diantaranya dikarenakan penumpukan cache.

Karena itu, anda perlu melaksanakan pembersihan cache secara terjadwal . Dengan demikian itu, pc anda akan konsisten stabil dan ruang pada harddisk juga tak akan dipenuhi oleh cache.

Seandainya pc anda memakai Windows XP, Vista, 7, 8, 10 karenanya anda dapat memakai metode ini untuk membersihkan cache.

Terdapat beberapa metode yang dapat anda gunakan, mulai dari memakai aplikasi hingga tak memakai aplikasi sama sekali.

3 Cara Menghapus Cache Windows

1. Memakai Fitur Run

Sistem operasi Windows mempunyai folder temporary yang memiliki isi file-file sementara layaknya cache, cookies, history, dan file sementara lainnya.

Sistem pertama yang dapat anda gunakan untuk menghapus file-file tersebut yaitu dengan memakai fitur run.

Tekan tombol Windows + R, selanjutnya akan keluar jendela “RUN”. Ketikkan perintah %temp% lalu tekan enter.

Kemudian akan terbuka folder temporary milik Windows. Sesudah folder terbuka, anda bisa membuang semua file serta folder yang berisi cache tersebut.

2. Windows Disk Cleanup

Sistem operasi Windows pada pc anda mempunyai fitur bawaan untuk mengkosongkan cache, fitur tersebut memiliki nama “Disk Cleanup”.

Untuk membersihkan cache memakai Windows Disk Cleanup, simak keterangan dibawah ini:

Tap menu Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup.

Setelah itu anda akan memperhatikan beberapa partisi yang terdapat pada harddisk. Pilih partisi yang ingin dibersihkan, tunggu hingga muncul beberapa pilihan, kemudian centang semua pilihan dan tekan tombol “OK”.

Tunggu beberapa ketika hingga pelaksanaan pembersihan selesai. Kian banyak cache yang dibersihkan, biasanya waktu pembersihan akan kian lama.

3. Aplikasi CCleaner

Cara Menghapus Cache Windows

Sistem ini memakai aplikasi CCleaner. CCleaner dapat membersihkan file cache, cookies, history browsing, dan file-file sampah lainnya. Aplikasi CCleaner ini amat ringan untuk diterapkan, sehingga tak membebani daya kerja laptop anda.

Cara menghapus cache memakai aplikasi ini bahkan tergolong mudah, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Unduh serta install aplikasi CCleaner, anda bisa mencarinya di Google. Perlu anda ketahui, bahwa aplikasi ini dapat di unduh secara tidak dipungut bayaran dan dengan ukuran unduh yang terbilang kecil.
  • Setelah CCleaner berhasil terinstall di komputer, buka aplikasi tersebut dan tunggu hingga pelaksanaan pemindaian cache selesai. Centang file apa saja yang ingin anda bersihkan, kemudian klik tombol “Jalankan CCleaner”. Jadi CCleaner akan mulai membersihkan cache yang telah menumpuk di pc anda.
  • Lalu tunggu hingga pelaksanaan pembersihan selesai. Lamanya pelaksanaan biasanya tergantung dari banyaknya cache yang menumpuk di pc anda.

Dari tiga metode diatas, anda dapat memilih layak keinginan. Seluruh metode diatas amat mudah untuk dikerjakan.

Untuk hasil yang lebih optimal, saran terbaik dari berakal.com yaitu memakai aplikasi CCleaner.

Silahkan pilih metode menghapus cache windows layak keinginan. Kami berpesan rawatlah pc anda sebaik mungkin supaya daya kerja komputer dapat berjalan dengan bagus. Semoga dapat membantu dan berguna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *