4 Cara Menghapus Virus di Android Agar Aman

Cara Menghapus Virus di Android – Android anda terkena virus? Hening! Karena ada sebagian sistem untuk menghapus virus di android secara otomatis yang bisa dilaksanakan. Baik itu virus malware, virus baterai, dan pelbagai virus lainya.

Cara Menghapus Virus di Android

Cara ini bisa kita terapkan di pelbagai telepon seluler android. Mulai dari samsung, xiaomi, oppo, vivo, dan pelbagai merek serta figur android lainnya.

Melainkan sebelum itu, ada pantasnya kita mengenal apa itu virus. Virus yaitu sebuah file yang merusak file lain, menyebabkan hilangnya data-data penting, dan masih banyak kerugian lainnya.

Sehingga bisa mengganggu performa telepon seluler android kita. Untuk itulah kita semestinya mengenal sistem menghilangkan virus di telepon seluler android kita sehingga bisa terbebas dari ancaman virus.

Salah satu penyebab terbesar masuknya virus yaitu ketika kita berselancar di dunia maya. Karena ada sebagian website atau bahkan aplikasi di dunia maya yang mungkin sudah terjangkit virus.

Atau bahkan aplikasi tersebut yaitu virus yang menyamar menjadi aplikasi yang kita butuhkan.

Sebelum kita belajar seputar sistem menghilangkan virus di android. Terlebih dulu kita berkenalan dengan sebagian tipe virus :

Macam-macam Virus Android

1. Engriks

Virus engriks umumnya menginfeksi telepon seluler kita, sekiranya kita sering kali mengunjungi website p*rn*. Seandainya android kita terinfeksi virus ini umumnya akan timbul peringatan aneh di handphone kita.

2. Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug

Bisa dibilang ketiga tipe malware ini yaitu virus yang paling berbahaya bagi perangkat android kita.

Bagaimana tak, ketiga malware ini akan menyebabkan android kita tak bisa diterapkan lagi. Jadi sekali terkena ketiga tipe malware ini, kita semestinya membeli telepon seluler baru. Sungguh betul-betul merugikan!

3. Obad

Seandainya android kita pernah atau mungkin sering kali kehilangan pulsa atau sering kali mengalami hang. Berhati-hatilah, sebab mungkin android kita terserang oleh virus yang dikenal dengan nama Backdoor.AndroidOS.Obad.a ini

Virus Obad menyerang dengan sistem menyuruh kita mengunduh aplikasi di halaman website tertentu. Setelah menginstalnya karenanya virus tersebut akan mulai menyerang sistem di android kita.

4. Cyber.Police

Kecuali engriks, virus ransomware Cyber.Police ini juga menginfeksi melalui website p*rn*. Cara berimbas android kita tak bisa diterapkan sebab terkunci oleh pop up yang terus menerus timbul di layar android kita.

Itulah sebagian virus yang bisa menyerang android kita. Untuk itu betul-betul dibutuhkan bagaimana sistem menghapus virus di android kita.

Berikut sebagian sistem menghapus virus di android memakai aplikasi yang bisa kita download melalui play store

Cara Menghapus Virus di Android

1. Aplikasi Avast Mobile

Cara Menghapus Virus di Android

Avast yaitu aplikasi antivirus dengan fitur cukup komplit. Diantaranya seperti membersihkan RAM, pengunci aplikasi, penghapus cache, mempercepat pengisian baterai, dan pemantau penggunaan data dunia maya.

Cara menghapus virus malware dengan anti virus:

  1. Setelah dan instal aplikasi Avast Mobile Security & Antivirus di Google Play Store.
  2. Jalankan aplikais tersebut kemudian tap tombol Get Started.
  3. Setelah masuk ke menu utama, seketika saja tap tombol Scan untuk memindai virus dan ancaman lain dalam perangkat.
  4. Setelah selesai, avast akan memperlihatkan pelbagai situasi sulit yang ditemukan, mulai dari virus maupun pembatasan yang dianggap beresiko. Tap Resolve untuk memecahkan situasi sulit tersebut.

Baca juga Antivirus Terbaik

2. Kaspersky Mobile Antivirus

Cara Menghapus Virus di Android

Aplikasi antivirus yang satu ini mempunyai fitur di antaranya, pemeriksaan latar belakang yaitu memindai virus, proteksi antivirus. Ada juga pengunci aplikasi, melacak & menemukan telepon seluler kita sekiranya hilang, melindungi isu pribadi yang rentan dari pengintai.

Cara menghapus virus trojan di android:

  1. Seandainya kita belum mempunyai aplikasi ini silahkan download Kaspersky Mobile Antivirus dan instal melalui PlayStore.
  2. Setelah selesai mengunduh dan menginstalnya. Buka aplikasi kaspersky tersebut.
  3. Kemudian tap Scan dan tunggu cara kerja pemindaian selesai..

Tanpa Menggunakan Aplikasi

Selain memakai apilkasi, ada sistem lain yang bisa kita lakukan tanpa memakai aplikasi.

3. Safe Mode

Cara menghapus virus di Android tanpa antivirus:

  1. Cara masuk ke safe mode setiap perangkat android berbeda-beda. Melainkan, kebanyakan dengan menekan tombol power dan volume secara bersamaan.
  2. Saat masuk ke safe mode, segala aplikasi yang kita instal akan hilang sementara. Karena cuma melaksanakan aplikasi inti yang dibawa sistem.
  3. Sehingga mempermudah kita untuk mengecek atau membersihkan file-file yang tak penting, seperti file cache dan menghapus virus android.
  4. Silahkan cek aplikasi yang terinstal pada android kita dengan sistem masuk ke setting > Apps > pilih tab downloaded.
  5. Maka akan menghilangkan segala daftar aplikasi pihak ketiga di safe mode, akan melainkan sebab virus termasuk dalam sistem.
  6. Seandainya virus akan menonjol sebagai aplikasi pihak ketiga melainkan bisa melaksanakan fungsi sistem. Sehingga sekiranya android kita terserang virus, karenanya akan timbul aplikasi asing yang tak pernah kita instal.
  7. Seandainya kita menemukan aplikasi yang mencurigakan, karenanya kita semestinya menghapus aplikasi tersebut dengan memilih aplikasi tersebut kemudian pilih uninstall.
  8. Melainkan ada kasus dimana aplikasi tersebut tak bisa di hapus (uninstall), sebab aplikasi tersebut sudah memberikan Setelah Administrator.
  9. Untuk itu kita semestinya menghapus terutama dulu aksesnya, dengan sistem masuk ke Setting > Security > Device administrator.
  10. Kemudian hilangkan jalan masuk administrator aplikasi mencurigakan tersebut. Sehingga kita bisa menghapus aplikasi mencurigakan tersebut.
  11. Setelah cara kerja peniadaan selesai, berikutnya kita tinggal keluar dari Safe Mode dan melaksanakan Restart.

4. Factory Reset

Seandainya sistem menghapus virus di android dengan sistem diatas tak bisa membersihkan virus. Seandainya sistem terakhir yang bisa kita lakukan yaitu Factory Reset.

Factory reset atau reset ulang yaitu jalan untuk mengembalikan sistem telepon seluler android seperti bawaan pabrik.

Factory reset awam dilaksanakan untuk memecahkan situasi sulit yang berhubungan dengan sistem perangkat lunak. Seperti bootloop, lupa kode pin, maupun salah satu nya menghapus atau menghilangkan virus.

Contohnya factory reset akan menyebabkan segala data dan aplikasi yang tersimpan akan terhapus, untuk itu kita sebaiknya melaksanakan backup data.

Ada sebagian sistem yang bisa dilaksanakan untuk reset pada telepon seluler android. Cara melalui setelan telepon seluler (soft reset), melalui dial khusus, dan melalui mode recovery (hard reset). Untuk lebih jelasnya kita akan membahasnya

Soft Reset

Untuk melaksanakan soft reset kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Buka menu Setelan (Setting), pilih Buat Cadangan & Setel Ulang (Backup & Reset).
  2. Pilih kembalikan ke setelan pabrik (Factory reset), kemudian akan timbul konfirmasi. Pilih apa saja yang ingin direset, kemudian masukkan pin/pola/password telepon seluler android kita.
  3. Tunggu cara kerja reset yang umumnya memakan waktu 3 sampai 10 menit, sesudah selesai karenanya telepon seluler android kita akan otomatis restart. Dan selasai.

Dial khusus

Cara reset telepon seluler android melali Dial ini terbilang cukup mudah, pasalnya kita cuma melaksanakan dial ke *2767*3855#.

Hard Reset atau Wipe Data

Berikut langkah-langkah untuk melaksanakan hard reset :

  1. Tekan dan bendung secara bersamaan tombol on-off dan tombol volume (setiap telepon seluler mempunyai tombol yang berbeda-beda. Ada yang tombol on-off dan volume up+volume down. Atau tombol on-off dan volume down. Ada juga yang memakai tombol on-off dan volume up+home, tergantung dari telepon seluler android kita). Setelah timbul menu recovery.
  2. Setelah masuk menu recovery klik wipe data/factory reset. Tunggu sampai cara kerja selesai, kemudian android kita akan secara otomatis memulai ulang.

Itulah sebagian sistem menghapus virus di android yang bisa anda lakukan. Semoga dengan ini virus di telepon seluler bisa hilang total.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *