3 Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Laptop Mati Sendiri – Laptop mati sendiri sering terjadi saat kita sedang bermain game, tetapi pada saat sedang berselancar ataupun melakukan tugas hal itu juga dapat terjadi. Lalu apa yang menjadi penyebab notebook mati dengan sendirinya? Banyak penyebab dari keadaan notebook yang seperti itu , diantaranya dapat dikarenakan permasalahan hardware, tegangan listrik, atau bahkan terdapat permasalahan pada monitor notebook itu sendiri.

Kejadian notebook tiba-tiba mati dapat terjadi disaat baru beberapa menit notebook dihidupkan dan dapat mati sendiri meski baterai belum habis dan dalam keadaan di charge. Tapi, tak menutup kemungkinan notebook anda memang harus diganti.

Untuk menyelesaikan notebook yang mati sendiri terdapat beberapa langkah, bagus itu dalam mencegah atau pada keadaan notebook yang memang terlanjur sering mati sendiri. Jadi rawatlah notebook anda dengan bagus dan benar. Jangan hanya digunakan secara terus menerus dan tanpa perawatan sama sekali.

Baca juga 10+ Cara Mengatasi Laptop Lemot

Simak juga 5 Cara Cek RAM Termudah di Laptop dan Macbook

Lihat juga Cara Mengatasi Laptop Hang di Windows 7, 8, 10

Untuk permasalahan ini terdapat banyak diagnosa, disini berakal.com akan menerangkan macam macam penyebab dan bagaimana metode menyelesaikannya. Simak keterangan dibawah ini;

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Salah satu hal yang perlu untuk kita ketahui semenjak permulaan yaitu mengenai apa yang menjadi faktor notebook mati sendiri, entah itu sebab virus atau lainnya. Cuma saja kita akan membahas penyebab dari segi perangkat jasmaniah notebook. Ada beberapa hal yang seandainya dapat menjadi penyebab notebook mati sendiri, di antaranya yaitu sebagai berikut;

1. Overheat

Laptop Mati Sendiri

Overheat atau panas berlebihan yang terjadi pada notebook dapat memicu notebook untuk mengistirahatkan dirinya sendiri. Para perusahaan pembuat notebook, terlebih pada komponen processor, sering kali membikin sebuah mekanisme shut down otomatis seandainya dirasa panas notebook sudah sangat berlebihan.

Walaupun dengan perkembangan processor generasi terbaru ini, kemungkinan besar permasalahan semacam ini tak akan terjadi dikarenakan tingkat pengelolaan panas kian dikembangkan. Akan tetapi, tak ada salahnya seandainya kita mewaspadai permasalahan overheating pada notebook, agar dapat memperpanjang masa umur perangkat keras sekaligus mencegah notebook tak dapat hidup.

Ingin agar laptop tidak cepat panas? Downloadlah aplikasi ini

2. RAM rusak

Laptop Mati Sendiri

RAM yang mengalami kerusakan juga menjadi salah satu faktor notebook yang tiba-tiba mati sendiri. Selain itu, kadang-kadang juga akan terjadi permasalahan lemot yang luar umum di notebook, meski keadaan processor ataupun spesifikasi yang lain serta pemakaian aplikasi tak semacam itu buruk.

Jikalau hal ini terjadi, maka berharap tak berharap anda harus mengganti RAM yang terpasang pada notebook. Agar tak memperburuk kinerja dari RAM itu sendiri.

3. Kehabisan BateraiLaptop Mati Sendiri

Kehabisan baterai atau pada prinsipnya terputus dari sumber kekuatan listrik, juga dapat menjadi pemicu notebook mati dengan sendirinya. Tentu saja tanpa adanya listrik, notebook ataupun perangkat elektronik pada lazimnya tak dapat berfungsi atau menyala.

Oleh sebab itu, untuk menyelesaikan hal hal yang demikian tentu saja kita harus memberikan sumber kekuatan yang cukup untuk membikin notebook dapat berjalan dengan bagus. Pastinya tiap-tiap notebook mempunyai karakteristik sumber kekuatan yang berbeda, seandainya notebook tak dapat menyala tanpa dicharge, maka harus senantiasa menghubungkan notebook ke sumber kekuatan listrik. Dan jangan terus berpikiran bahwa “meski baterai penuh”.

4. Processor rusakLaptop Mati Sendiri

Keadaan lain yang dapat menyebabkan notebook tiba-tiba mati sendiri yaitu processor yang mengalami kerusakan. Tentu hal ini sangat wajar, mengingat processor yaitu otak utama dari notebook. Sehingga seandainya processor notebook mengalami kerusakan, maka besar kemungkinan notebook akan mati sendiri.

Maka dari itu, kita harus senantiasa mengamati keadaan processor, lakukanlah perawatan pada processor agar masa umur notebook menjadi panjang.

5. Main board rusakLaptop Mati Sendiri

Main board yaitu salah satu hardware yang peranannya cukup sentral, kejadian seperti ini lazimnya terdapat pada notebook yang sudah berumur. Selain itu, pemakaian secara terus menerus dalam durasi yang terbilang lama juga dapat menjadi pemicunya.

Jikalau memang benar main board pada notebook rusak, disarankan untuk mengganti notebook saja, dikarenakan harga main board hampir sama dengan harga satu buah notebook.

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Sesudah mengenal beberapa hal penting mengenai penyebab notebook mati dengan sendirinya, maka kita juga perlu mempunyai wawasan mengenai bagaimana metode menyelesaikan notebook yang tiba-tiba mati sendiri. Berikut ini yaitu beberapa metode yang dapat anda lakukan:

1. Mengganti baterai atau Membenahi sumber kekuatan

Sebagaimana yang sudah dibahas diatas, salah satu macam permasalahan yang menyebabkan notebook mati sendiri yaitu sebab sumber kekuatan yang buruk atau sebab hilangnya sumber kekuatan listrik yang dimiliki oleh notebook. Oleh sebab itu salah satu metode yang dapat kita lakukan yaitu dengan mengganti baterai atau mengkoreksi sumber kekuatan laptopmu.

Kita juga perlu memastikan atau mengganti kesehatan charger, slot atau port charger, konektor baterai, dan juga berjenis-jenis permasalahan lainnya.

2. Memperbaiki metode pendingin notebook

Selain sebab sumber kekuatan yang buruk, permasalahan yang dapat muncul yaitu metode pendingin notebook yang buruk. Jikalau yang perlu dilakukakan yaitu dengan mengganti thermal paste, mengganti heatsink, membersihkan kipas notebook, dan permasalahan lainnya. Jikalau anda merasa kesusahan mengkoreksi permasalahan hal yang demikian, mintalah teknisi untuk memperbaikinya.

3. Mengganti perangkat yang rusak

Kerusakan processor ataupun kerusakan RAM, sebagaimana pembahasan di atas, hal itu dapat menjadi salah satu alasan mengapa notebook dapat mati sendiri. Oleh sebab itu, tentu saja metode untuk menyelesaikannya yaitu dengan mengganti atau mengkoreksi perangkat-perangkat hal yang demikian. Dengan melakukan hal ini, maka kita dapat memastikan bahwa perangkat-perangkat hal yang demikian dapat berfungsi kembali dengan bagus.

Itulah beberapa hal mengenai penyebab dan juga metode menyelesaikan notebook mati sendiri. Tentunya masih terdapat berjenis-jenis macam penyebab dan juga metode menyelesaikan notebook yang mati dengan sendirinya yang belum masuk pembahasan di atas.

Akan tetapi anda dapat menanyakan permasalahan yang ada pada notebook pada teknisi komputer yang tepercaya. Semoga pembahasan diatas dapat berkhasiat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *